Assalamulaikum, anak - anaku semua. Pagi ini kita bertemu lagi di pembelajaran daring. Semoga semua dalam kondisi sehat. Sebelum kita mulai belajar, silahkan anak-anak berdoa dulu sesuai agama dan kepercaaan masing - masing.
Cengkih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak manfaatnya.
Harganya pun cukup tinggi sehingga sampai kini masih banyak masyarakat
yang membudidayakannya.
Untuk dapat mengambil manfaat cengkih secara maksimal, setelah dipetik,
cengkih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Selama proses
penjemuran, terjadi perubahan warna pada cengkih, dari yang semula kuning
dan merah menjadi hitam dan cokelat.
Pada proses pengeringan cengkih, terjadi perubahan benda yang disebabkan
kalor (panas). Dari proses tersebut, kita ketahui pengaruh kalor atau energi
panas (dalam hal ini sinar matahari) pada benda.
Pernahkah kamu mengamati benda-benda yang ada di sekitarmu? Bendabenda yang ada di sekitarmu memiliki sifat dan wujud yang berbedabeda. Masih ingatkah kamu wujud-wujud benda? Tahukah kamu cara
membedakannya? Salah satu cara membedakan wujud benda adalah dengan
mengetahui sifat setiap benda itu.Sifat-Sifat Benda
Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda
padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu
perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang
ada di sekitar kita.
Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak
benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya,
dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat
yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti
diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti
menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.
Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan
mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk
hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya
berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau
ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan
berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu
akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai
atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari
tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat
merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda
cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.
Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan
mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia
menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan
cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan
meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu.
Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium
bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia
menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas
yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat
melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah
bentuknya?
A. Percobaan
Alat dan Bahan
• gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
• wadah lain yang transparan
• nampan atau papan kayu
Langkah Kegiatan
- Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan
gambarlah.
- Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan,
miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan
sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah.
Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
- Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan
apa yang terjadi. Gambarlah.
- Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi.
Catatlah.
B. Setelah Melakukan Percobaan Jawab Pertanyaan dibawah ini
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah
dimiringkan?
2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
3.Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu
mengalir?
5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
6. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu
mengalir?
7. Apakah kesimpulanmu?
TUGAS
1. Lakukan Percobaan yang ada di bagian A diatas ( hasilnya digambar dibuku tugas )
2. Setelah melakukan percobaan dan menggambar, Jawab Bagian B.
3. Kerjakan tugas tersebut , Hasilnya berupa foto kirimkan kepakguru ( JAPRI )
Terimakasih....
0 komentar:
Posting Komentar